Senin, 23 Januari 2012

Manusia dan Lingkungan


  1. Pengertian Manusia dan Lingkungan
 Manusia  adalah makhluk ciptaan Tuhan dengan segala fungsi dan potensi yang tunduk kepada aturan-aturan Tuhan. Sedangkan lingkngan merupakan suatu media di mana makhluk hidup tinggal, mencari penghidupan dan memiliki karakteristik serta fungsi yang khusus.
Relasi manusia dan lingkungan adalah hubungan yang timbal balik dan simbiotik mutualisme. Disebut sebagai timbal balik karena manusia hidup di alam lingkungan hidup dan alam sebagai lingkungan hidup juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya. Jadi, manusia nutuh alam untuk kehidupannya dan alam juga membutuhkan manusia untuk pelestariaanya.
  1. Lingkungan Hidup Manusia
Manusia hidup, tumbuh dan berkembang dalam lingkungan alam dan sosial budayanya. Dalam lingkungan alamnya manusia hidup dalam sebuah ekosistem yakni suatu unit atau satuan fungsional dari makhluk-makhluk hidup dengan lingkungannya. Dalam ekosistem terdapat komponen abiotik pada umumnya merupakan faktor lingkungan yang mempengaruhi makhluk-makhluk hidup di antaranya:
  1. Tanah.
  2. Udara atau gas-gas yang membentuk atmosfer.
  3. Air.
  4. Cahaya.
  5. Suhu atau temperature.
Sedangkan komponen biotik di antaranya adalah:
  1. Produsen
  2. Konsumen
  3. Pengurai
Selain itu di dalam lingkungan terdapat faktor-faktor berikut ini:
  1. Rantai makanan.
  2. Habitat.
  3. Populasi.
  4. Komunikasi.
  5. Biosfer.
  1. Pengaruh Manusia Pada Alam Lingkungan Hidupnya
Manusia sedikit demi sedikit mulai menyesuaikan diri pada alam lingkungan hidupnya. Komunitas biologis di tempat mereka hidup, perubahan alam lingkngan hidup manusia tampak jelas di kota-kota dibandingkan dengan di hutan rimba di mana penduduknya masih sedikit dan primitif.
Perubahan alam lingkunga hidup manusia akan berpengaruh baik secara positif maupun negatif berpengaruh bagi manusia karena manusia mendpatkan keuntungan dari perubahan tersebut dan berpengaruh tidak baik karena dapat mengurangi kemampuan alam lingkungan hidup dalam menyokong kehidupan manusia.
  1. Penggunaan Sumber-Sumber Alam
Manusia memandang alam lingkungannya dengan macam-macam kebutuhan dan keinginan. Manusai bergulat dan bersaing dengan species lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam hal ini manusia memiliki kemampuan lebih besar dibandingkan organisme lainnya, terutama pada penggunaan sumber-sumber alamnya. Berbagai cara telah dilakukan manusia dalam menggunakan sumber-sumber dalam berupa tanah, air, fauna, flora, bahan-bahan galian, dan sebagainya.
Kerusakan lingkungan oleh aktivitas manusia yang makin meningkat, antara lain tercemarnya lingkungan oleh pestisida serta limbah industri dan transportasi, rusaknya habitat tumbuhan dan hewan langka, serta menurunnya nilai estetika alam, merupakan beberapa masalah lingkungan hidup.

0 komentar:

Posting Komentar